Huawei Mate X, Smartphone 5G Layar Lipat Kompetitor Galaxy Fold

Posted on

Huawei Mate X | Persaingan di lini smartphone Android layar lipat tampak semakin memanas. Tak hanya Samsung saja yang memperkenalkan smartphone 5G layar lipatnya ke pasaran. Huawei juga memperkenalkan smartphone 5G layar lipatnya yang disebut dengan Huawei Mate X pada acara MWC 2019.

Meskipun sama-sama masuk kedalam kategori smartphone Android 5G dengan fitur layar lipat, Huawei Mate X sangat berbeda dengan Samsung Galaxy Fold. Ada banyak sekali fitur dan juga teknologi berbeda yang bisa anda temukan di dalam Huawei Mate X tersebut.

Mau tau lebih banyak mengenai apa saja fitur dan teknologi yang ada di dalam smartphone 5G layar lipat milik Huawei tersebut? Baca selengkapnya di dalam artikel ini.

Spesifikasi Lengkap Smartphone 5G Layar Lipat Huawei Mate X

Huawei Mate X, Smartphone 5G Layar Lipat Pesaing Samsung Galaxy Fold
Huawei Mate X, Smartphone 5G Layar Lipat Pesaing Samsung Galaxy Fold

Layar

Pada bagian layar, Huawei Mate X sangat berbeda dengan Samsung Galaxy Fold. Layar smartphone 5G Huawei Mate X ini menggunakan desain yang disebut dengan falcon wing.

Jika Samsung Galaxy Fold menyembunyikan layar utamanya di bagian dalam, hal tersebut justru kebalikan pada Huawei Mate X ini. Pada Huawei Mate X, lipatan justru berada di bagian depan.

Menariknya lagi, saat smartphone dalam kondisi terlipat, celah lipatan benar-benar rapat bahkan selembar kertaspun tidak bisa dimasukkan kedalam celah lipatannya.

Layar pada Huawei Mate X ini menggunakan layar tipe OLED dengan ukuran 8 inch ketika dibuka. Ketika dilipat, layarnya menjadi berukuran 6,6 inch dan 6,38 inch.

Pada saat dibuka, smartphone 5G dari Huawei ini bisa menampilkan resolusi sebesar 2480 x 2200 piksel. Ketika dilipat, layar bagian depan bisa menampilkan resolusi sebesar 2480 x 1148 piksel, sedangkan layar bagian belakang bisa menampilkan resolusi 2480 x 892 piksel.

Chipset

Untuk urusan chipset, smartphone 5G Huawei Mate X ini dibekali dengan kombinasi 2 teknologi chipset dari Huawei Kirin 980 dan Balong 5000.

Dengan menggunakan chipset dari Huawei Kirin 980, smartphone ini memiliki CPU dengan clock sebesar 2,6 Ghz. Chipset Huawei Kirin 980 juga didampingi dengan GPU Mali G76.

Sedangkan dengan adanya chipset Balong 5000, smartphone Huawei Mate X ini mendukung jaringan 2G, 3G, 4G, dan juga 5G.

Sistem Operasi

Huawei Mate X ini dibekali dengan sistem operasi Android terbaru seri 9.0 dengan code name Pie.

Yang menarik, smartphone 5G layar lipat dari Huawei ini juga dibekali dengan UI khusus dari Huawei yang disebut dengan EMUI 9.1.1.

UI tersebut dibuat khusus untuk memberikan kenyamanan ketika menggunakan smartphone Android layar lipat dari Huawei ini.

Memori

Smartphone 5G layar lipat dari Huawei ini juga dibekali dengan memori internal dengan kapasitas yang sangat besar. Memori internal Huawei Mate X ini adalah 512 GB.

Selain itu, masih disertakan slot khusus untuk NM Card dengan kapasitas maksimal 256 GB sebagai memori eksternalnya.

Untuk mendukung penggunaan memori internal yang cukup besar tersebut, Huawei juga membekali smartphone 5G layar lipatnya ini dengan memori RAM yang cukup besar yaitu 8 GB.

Kamera

Pada bagian kamera, Huawei sengaja menggunakan sensor dari Leica pada smartphone 5G layar lipatnya.

Smartphone Android layar lipat dari Huawei ini dibekali dengan 3 kamera dengan resolusi 40 MP (wide angle lens), 16 MP (ultra wide angle lens), dan 8 MP (telephoto).

Baterai

Huawei Mate X dibekali dengan baterai dengan kapasitas yang cukup besar yaitu 4.500 mAh. Selain kapasitasnya yang besar, smartphone Android layar lipat dari Huawei ini juga sudah dilengkapi dengan fitur Huawei Supercharge. Dengan adanya fitur tersebut, pengisian baterai pada smartphone 5G layar lipat Huawei ini menjadi jauh lebih cepat.

Bagaimana? Cukup wow bukan spesifikasi lengkap dari smartphone 5G layar lipat dari Huawei tersebut?

Menurut anda, apakah smartphone 5G Huawei Mate X tersebut akan laris manis di pasaran Indonesia jika dijual dengan harga kurang lebih sekitar 36 Juta Rupiah?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *