Cara Mengatasi Kamera Error Pada HP Android

Cara Mengatasi Kamera Error Pada HP Android – Kamera adalah salah satu fitur pada smartphone yang secara pasti mulai mendapatkan perhatian khusus. Banyak pengguna smartphone menjatuhkan pilihan pembelian gadget berdasarkan fitur tertentu yang disediakan dan kamera adalah salah satu fitur tersebut.

Tidak mengherankan memang, karena dengan smartphone kita tidak perlu lagi membawa-bawa kamera pocket ataupun DSLR kemana-mana. Selain fungsi memotret dan menggambil video, kamera juga dapat digunakan sebagai scanner dan kamera CCTV. Kita bahkan mengenal smartphone tertentu yang membenamkan kamera dahsyat seperti Samsung Galaxy K Zoom dan Nokia Lumia 1020.

Cara Mengatasi Kamera Error Pada HP Android

Cara Mengatasi Kamera Error Pada HP Android

Namun seperti peralatan elektronik lain yang memiliki kelemahan, tidak semua kamera pada smartphone yang beredar dapat digunakan dengan mudah ataupun mengalami bug dalam penanamannya. Kadang kamera yang sebelumnya tidak mengalami masalah mendapatkan error setiap kali anda ingin menggunakannya.

Contoh error pada kamera adalah munculnya pesan ‘Camera Failed Error Callback on Error’ atau ‘Error Message Handler. handlerMessage (-1)’ dan lain-lain.

Nah, sebelum anda panik karena munculnya error, ada baiknya anda memperhatikan dulu cara pembenahan error yang kami sampaikan pada tips kali ini karena ada kemungkinan kamera anda tersebut tidak sepenuhnya error melainkan mengalami sedikit stuck yang sebenarnya dapat dibenahi dengan mudah.

Anda dapat mengikuti tips berikut untuk melihat apakah kamera anda dapat dibenahi ataukah benar-benar mengalami masalah dalam perangkat keras atau hardwarenya, untuk hal tersebut satu-satunya jalan hanyalah membawanya ke service center.

Ada tiga Cara mengatasi Kamera Error Pada HP Android berikut adalah tipsnya

Cara Pertama

  • Cara pertama sebenarnya cukup simpel dimana yang harus anda lakukan adalah melakukan clear data pada aplikasi berjalan terutama pengguna kamera.
  • Yang harus anda lakukan adalah masuk ke menu setting.
  • Tekan menu Apps dan pilih menu aplikasi yang sedang berjalan atau Running.
  • Pada daftar aplikasi berjalan, temukan aplikasi kamera dan Clear Data pada aplikasi yang bersangkutan untuk melepaskan pengunciannya pada kamera.

Cara Kedua

  • Cara kedua mirip dengan cara pertama, dimana kita menghentikan aplikasi kamera yang sedang berjalan.
  • Yang harus anda lakukan adalah masuk ke menu setting.
  • Tekan menu Apps dan pilih menu aplikasi yang sedang berjalan atau Running.
  • Pada daftar aplikasi berjalan, temukan aplikasi kamera dan kali ini pilih tombol Force Stop atau Force Close untuk menghentikan aplikasi tersebut secara manual.

Cara Ketiga

Cara ketiga untuk mengatasi kamera error pada HP Android anda adalah dengan mengunduh aplikasi kamera lain. Ada kalanya aplikasi yang dibenamkan pada Android anda tidak lagi kompetibel karena satu dan lain hal, sehingga anda harus mengakalinya dengan mengunduh aplikasi lain di Play Store atau bahkan mengubah default aplikasi kamera secara paksa melalui proses rooting.

Seandainya ketiga cara di atas tidak berhasil mengatasi masalah kamera yang error pada HP Android anda, maka cukup bisa dipastikan bahwa anda harus membawanya ke Service Center untuk melakukan cek hardware.

Demikian tips dan informasi Cara mengatasi Kamera Error Pada HP Android, mudah-mudahan tips dan informasi tersebut berguna bagi anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *