Aplikasi Penambah RAM Untuk Smartphone Android

Aplikasi Penambah RAM Untuk Smartphone Android – Random Access Memory atau biasa disingkat RAM adalah komponen penting dalam gadget masa kini. Hampir sama dengan perangkat komputer yang amat bergantung pada kemampuan RAM, smartphone pun juga memiliki ketergantungan ekstra pada komponen yang satu ini.

Bagi mereka yang awam, dapat digambarkan secara mudah bahwa makin besar dan makin lega RAM yang anda miliki, makin kencang dan cepat perangkat komputer dan smartphone yang anda gunakan.

Aplikasi Penambah RAM Untuk Smartphone

Aplikasi Penambah RAM Untuk Smartphone

Keberadaan RAM juga amat dibutuhkan dalam fungsi multitasking, ketika anda memiliki RAM yang kurang memadai dan memaksakan perangkat HP Android anda untuk membuka beberapa task sekaligus dengan kinerja yang cukup berat, maka aplikasi yang anda gunakan dapat terhenti seperti hang, force close atau menutup tiba-tiba, atau bahkan pada kondisi tertentu perangkat Android anda akan restart sendiri.

Hal paling umum yang dilakukan jika kondisi tersebut terjadi adalah pengurangan aplikasi dan widget yang membebani kinerja RAM pada perangkat Android, nah sialnya kadang hal inipun tidak dapat meningkatkan performa RAM gadget anda.

Bagi yang memiliki dana cukup, membeli gadget dengan RAM besar tentunya bukan masalah besar, namun bagi mereka dengan dana terbatas tentunya harus pintar-pintar menyiasati permasalahan ini agar tidak terlalu dibatasi dalam penggunaan ponsel cerdasnya.

Nah, salah satu cara untuk dapat mengatasi permasalahan ini adalah dengan penggunaan aplikasi tambahan pembebas RAM, salah satu dari aplikasi tersebut adalah RAM Manager. Terdapat dua versi RAM Manager, yang pertama adalah versi Free yang dapat anda unduh gratis di Google Play, yang kedua adalah versi berbayar atau versi Pro. Jika anda berminat melakukan review versi Pro dari aplikasi ini anda dapat mengunduhnya di sini.

Cara Menggunakan Aplikasi Penambah RAM Untuk Smartphone Android

  • Pertama harus diingat bahwa sebelum anda mengunduh dan menginstall aplikasi ini maka anda harus terlebih dahulu melakukan root pada HP Android anda untuk mendapatkan akses penuh. Pastikan pula baterai ponsel cerdas anda berada dalam posisi full karena proses ini sedikit makan waktu.
  • Setelah aplikasi terinstall, masuk dan pilih atau centang opsi Set on Boot dan Lock Launcher in Memory
  • Kemudian pilih tab Extra dan masuk ke menu Swap File di bagian bawah
  • Pilih lokasi memory yang akan dijadikan Virtual RAM, tentu saja disarankan untuk menggunakan wadah memory eksternal seperti Sdcard, pada kolom Swap File bisa dituliskan saja /storage/extsdcard
  • Selanjutnya pilih berapa besaran Swap File yang akan divirtualkan, anda bisa memilih 2048MB. Pilih confirm untuk menjalankan proses Swap File, proses ini akan berjalan berkisar antara 15 menit hingga satu jam.
  • Langkah terakhirnya cukup simpel, yaitu Reboot HP Android anda. jika proses ini sukses akan ditandai oleh munculnya file Swap File di SDCard anda. Jangan hapus file ini.
  • Proses selesai, silahkan nikmati RAM anda yang lebih lega.

Tentu saja harus diingat bahwa aplikasi di atas bukanlah solusi permanen karena sifatnya virtual bukan fisik dimana anda tidak mengubah kondisi RAM. Jika HP Android anda memiliki RAM 512 MB maka anda akan tetap memiliki RAM sebesar 512MB, tidak ada penambahan RAM dalam bentuk bagaimanapun.

Yang dilakukan oleh aplikasi penambah RAM sebenarnya adalah membebaskan RAM dari beberapa task atau tugas yang dikerjakan oleh RAM sehingga meluaskan resource ataupun mengalihkan penggunaan memory seperti SDCard untuk dijadikan alat bantu menambah resource RAM utama. Sayangnya ada kemungkinan SDCard anda tidak akan berumur panjang. Resiko tentunya ada di tangan anda.

Demikian info Aplikasi Penambah RAM untuk Smartphone Android dari kami, mudah-mudahan berguna bagi anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *